Home / selai/spread / Selai Pandan Kaya
24 May, 2016

Selai Pandan Kaya

Posted in : selai/spread on by : crazyeating. Tags: , , , , , , , ,

Sewaktu tinggal di Indonesia, saya belum pernah menjumpai srikaya berwarna hijau apalagi yang berbentuk selai. Bahkan srikaya yang saya pernah makan itu bentuknya lebih berupa pudding dan berwarna coklat. Ketika hijrah ke Singapura, saya menemukan selai srikaya berwarna hijau yang ternyata memakai pandan didalamnya, dimana dikenal dengan Pandan Kaya. Untuk rasa, saya lebih senang yang rasa pandan ini dibanding yang berwarna coklat.

Di Singapura, menu sarapan roti bakar isi selai kaya dan butter sudah menjadi ciri khas ditemani oleh kopi/teh dan telor rebus, dan kedai kopi yang menyediakan menu sarapan khas Singapura juga menjual produk-produknya untuk dikonsumsi dirumah seperti kopi bubuk dan selai kaya. Walaupun di supermarket tersedia berbagai macam merk selai kaya, saya paling suka beli selai kaya di kedai Ya Kun Kaya Toast karena (menurut saya) enak.

Ada kalanya bosen makan roti pakai olesan nutella, selai kacang, atau margarin + meses/gula pasir. Dan untuk beli selai Ya Kun Kaya harus pergi ke mall terdekat dengan jarak sekitar 5 bus stop, sedangkan supermarket hanya di sebelah apartemen. Jadilah saya coba-coba untuk buat sendiri. Bahannya cukup simple, dan selalu ada stok di dapur kecuali daun pandan yang bisa langsung dibeli di supermarket dekat apartemen.

SONY DSC

Setelah baca-baca beberapa blog, ternyata membuat selai kaya ini memerlukan waktu yang panjang dan gak bisa ditinggal. Dimasak memakai double boiler, dan harus sering diaduk-aduk, at least tiap 2 menit sekali. Total proses pembuatan bisa 1,5 jam hingga 2 jam. Saya kurang suka dengan teknik pembuatan yang susah-susah dan lama, pasti cari shortcut. Ketika baca blog ini, saya memutuskan untuk menggunakan blender untuk hasil akhirnya agar memiliki tekstur yang halus.

SONY DSC

SONY DSC

Resep selai pandan kaya ini terinspirasi dari Aunty Yochana's Blog. Setelah melalui modifikasi sana sini, akhirnya saya menemukan komposisi yang cocok dengan proses pembuatannya kira-kira menjadi 40 menit saja. 

proses pembuatan

SONY DSC

Jangan dibandingkan dengan selai kaya dari Ya Kun Kaya ya. Selama bisa dioles ke roti atau prata dan gak ada komplen dari orang rumah, berarti gak masalah.

Selamat mencoba!

Selai Pandan Kaya

Inspirasi dari Hainanese Kaya (Aunty Yochana's Blog)

Bahan:
200 ml santan kotak
10 lembar daun pandan, cuci bersih
3 kuning telor
1 telor utuh
150 gr gula pasir
1 sdm gula merah

Cara Membuat:

  1. Gunting kecil daun pandan dan masukan ke dalam blender bersama santan. Blender hingga halus, lalu saring ke dalam panci. Remas ampas daun pandan biar airnya keluar semua.
  2. Bilas blender dengan air, keringkan dengan lap atau kitchen towel. Lalu masukkan kuning telor dan telor utuh. Blender hingga menyatu (sekitar 15 detik) dan saring ke dalam panci yang sama. Masukkan gula pasir dan gula merah lalu aduk rata. Cuci bersih blender dan keringkan, karena akan dipakai lagi untuk ngeblender hasil akhir custard.
  3. Masak diatas api kecil sambil diaduk sesekali (2 menit sekali). Custard perlahan-lahan akan mengental dan menggumpal. Masak terus hingga airnya mulai berkurang dan warna custard berubah menjadi hijau gelap. Matikan api.
  4. Tunggu hingga custard tidak terlalu panas untuk dimasukkan ke dalam blender. Biasanya, panci saya rendam di sink dengan air tingginya sekitar 3-5 cm sambil diaduk.  5 menit kemudian panasnya sudah berkurang, dan bisa dimasukkan ke dalam blender.
  5. Blender custard sekitar 10 detik saja dan masukkan ke dalam wadah. Tunggu hingga benar-benar dalam suhu ruang sebelum ditutup rapat dan masukkan ke kulkas. Tahan hingga seminggu.
untuk 250 gr
1 serving : 10 gr
Estimasi kalori per serving 47 Kcal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *