Home / Paste / Vanilla Paste Tanpa Alkohol
14 February, 2017

Vanilla Paste Tanpa Alkohol

Posted in : Paste, Uncategorized on by : crazyeating. Tags: , , ,

Selama ini bila membuat kue atau dessert yang pakai vanilla extract, pasti harus beli vanilla extract yang imitasi (artifisial). Vanilla extract yang asli selalu saja mengandung alkohol sebagai bahan pengawetnya. Dari soal harga pun yang asli tentunya lebih mahal berlipat-lipat. Tapi yang paling mahal lagi adalah vanilla pod nya sendiri. 1 biji vanilla harganya bisa SG$8. Fantastis. Memang harga vanilla pod itu mahal tetapi kalau 1 biji $8 sih saya pikir-pikir juga.

Setelah cari-cari di internet, ternyata di Indonesia ada beberapa vendor yang jual vanilla pod dengan harga yang reasonable. Langsung saja saya pesan 250gr. Isinya banyak dan kualitasnya juga bagus (grade gourmet). Soal bagaimana cara sampai bisa di Singapura, seperti biasa saya selalu tanya-tanya teman yang ada rencana mau kesini biar bisa nitip.

cream cheese icing yang menggunakan vanilla asli ditandai dengan bintik-bintik hitam pada permukaan icing

Biasanya untuk membuat cake ato dessert, saya hanya perlu 1 vanilla pod. Dan stok vanilla nya lama sekali habis. Karena kondisi cuaca Singapura yang lembab, vanilla podnya jadi lebih cepat berjamur. Hiks. Akhirnya saya putuskan untuk membuat vanilla paste dari vanilla pod yang bisa diselamatkan.

Untuk resepnya, saya memilih untuk mengadapatasi resep dari Passionbaker karena bahan yang mudah didapat dan menggunakan banyak vanilla pod. Ada sekitar 40 vanilla pod yang akan saya pakai sehingga bahan lainnya harus disesuaikan komposisinya. Dan ternyata tidak sulit untuk membuat vanilla paste sendiri. Apalagi bila sulit mencari vanilla paste yang halal, alternatifnya adalah membuat sendiri. Bila hanya menggunakan sedikit vanilla pod, bisa mencoba komposisi dari Foodzeit

Vanilla Paste
Adaptasi dari Passionbaker
 
Bahan:
40 bh Vanilla Pod
180 ml air
180 gr gula pasir
2 sdm air lemon
 
Cara:
  1. Belah vanilla pod menjadi 2, keluarkan isinya. Saya biasa menggunakan pisau bergerigi agar mudah.
  2. Masukkan biji vanilla, gula, air, dan lemon kedalam panci yang memiliki alas tebal. Aduk rata.
  3. Panaskan panci diatas api kecil hingga mendidih sambil sesekali diaduk. 
  4. Teruskan memasak hingga kandungan air berkurang dan mengental, memiliki konsistensi seperti simple syrup.
  5. Matikan api, dan tunggu hingga suhunya turun (menghangat).
  6. Pindahkan vanilla paste ke dalam glass container yang sudah disterilkan. Tunggu hingga benar-benar dalam suhu ruang sebelum dimasukkan ke lemari pendingin.

 

Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *