Home / Cake / Kue Soes (choux pastry)
14 August, 2016

Kue Soes (choux pastry)

Posted in : Cake, dessert, Vla on by : crazyeating. Tags: , , , , ,

Saya sebenarnya sedikit takut waktu mau mencoba bikin kue sus lagi. Pengalaman yang terdahulu mencoba buat sus selalu saja kempes dan bentuk garis-garis dari spuit suka hilang, jadi bentuknya polos lagi polos lagi. Saking lamanya tidak pernah mencoba buat kue sus lagi, saya pun jadi lupa resep vla vanilla yang dulu pernah saya coba dan rasanya pas buat saya. Tidak terlalu manis, tidak terlalu encer dan creamy rasanya. Yang saya ingat dari resep vlanya adalah menambahkan krim kental dan sedikit butter di akhir, ketika vla sudah matang dan uap panasnya sedikit hilang.

dasarsoes3

Saya pun mencari lagi resep-resep kue sus dan vla vanilla di internet, yang anti gagal pastinya. Seperti biasa, hasil pencariannya banyak sekali. Pada akhirnya saya coba membandingkan komposisi bahan dari berbagai kue sus dan teknik pembuatannya.

dadarsoes5

Salah satu site yang menarik perhatian saya adalah blog Catatan Kecil Eka yang memberikan resep kue sus anti gagal. Menarik karena resepnya adalah resep dari sang ibunda yang memiliki toko kue. Dalam teknik pembuatan kue sus pun di jabarkan ketika tahap pencampuran tepung jangan mematikan kompor langsung, tapi adonan tepung di masak sebentar. Hanya beberapa resep yang saya temukan memakai teknik ini. Biasanya ketika mengaduk tepung, api langsung dimatikan. 

dasar soes1

Saya pun mencoba resep ini dan hasil kue susnya cantik. Hanya saja, adonan yang saya buat menggunakan 4 telur. Karena ketika di tes kekentalan adonan, sudah bagus. Ketika adonan diangkat dengan spatula, jatuhnya tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama. Sama seperti yang dibilang oleh Mba Eka di blognya. Namun ketika memanggang saya memakai teknik dimana suhu awalnya adalah suhu tinggi lalu diturunkan, dan pastikan pintu oven tidak dibuka-buka buat ngecek. 

dasarsoes7

dadarsoes6

Untuk resep vla nya, saya tidak memakai resep Mba Eka. Pengalaman saya ketika membuat vla memakai tepung terigu, rasa dan tekstur vla nya sedikit grainy. Jadi saya coba-coba meracik sendiri yang sesuai dengan tastebud saya dan untuk mengentalkan tetap memakai tepung maizena.

dasarvla

Resep vla ini menjadi resep dasar untuk dicampur oleh topping lainnya seperti durian, puree buah seperti strawberry atau blueberry, atau bahkan selai coklat seperti nutella.

dasarsoes4

dasarsoes2

Untuk cara mengisi kue sus, bisa dengan mengisi dari atas kue sus atau pinggir kue sus yang sebelumnya sudah digunting sedikit. Kreasi mengisi sus ini sangat banyak, bisa cari referensi di internet.

Selamat mencoba!!

 

Kue Soes (choux pastry)
Untuk: 24 buah ukuran medium
Sumber: Catatan Kecil Eka dengan sedikit modifikasi
 
Bahan:
250 ml air
80 gr margarin
160 gr tepung
1 sdt garam
4 buah telur

Cara Membuat:

1. Di dalam wajan anti lengket, masukkan air, margarin dan garam. Didihkan diatas kompor menggunakan api medium sambil diaduk. Kecilkan api, masukkan terigu. Aduk rata hingga menyatu membentuk bola. Masak sebentar dengan api kecil sambil di aduk hingga gumpalan terigu yang kecil-kecil sudah menyatu (kurang lebih 3 menit). Angkat, tunggu suhunya turun. Bila adonan ditusuk dengan ujung jari, terasa hangat (tidak panas menusuk).

2. Mulai panaskan oven di suhu 200 derajat celcius. Masukkan telur 1 buah, mixer dengan kecepatan sedang hingga benar-benar menyatu (sekitar 30 detik). Ulangi hingga telur habis. Telur harus dimasukkan satu persatu agar benar-benar bersatu dengan adonan. Tes kekentalan adonan, angkat adonan memakai spatula dan perhatikan jatuhnya adonan. Adonan akan jatuh secara pelan ke dalam wadah. 

3. Masukkan dalam plastik segitiga. Biasanya saya bagi menjadi 2 plastik. Gunakan spuit untuk mencetak adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas baking. 

4. Panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius selama 20 menit, dan turunkan ke 175 derajat celcius selama 10 menit. Jangan dibuka-buka pintu ovennya, nanti sus bisa kempes. Sus sudah matang ketika permukaannya sudah kekuningan dan tidak ada bubble di permukaan sus.

5. Keluarkan dari oven, dan dinginkan. 

Tips:

  • Sebagai alternatif, untuk mencetak sus bisa menggunakan muffin pan yang sudah di oles margarin. Ukuran sus akan lebih seragam. 
  • Bila menyimpan sus dalam kontainer tertutup, kulit sus akan menjadi lembut. Saya lebih suka menyimpan di udara terbuka agar kulitnya masi tetap kokoh. Di dalam kulkas pun, saya taruh dipiring tanpa di tutup. Ini tergantung preference masing-masing saja.
Vla Susu
Bahan:
1.5 cup susu full cream ( 1 cup = 250 ml)
3 sdm  susu bubuk
6 sdm gula
2 kuning telur
1.5 sdt vanilla extract/essence
7 sdt maizena, dan sedikit air untuk melarutkan
150 ml krim kental
1 sdt butter

Cara Membuat:

1. Didalam panci, masukkan susu full cream, susu bubuk dan gula, aduk rata. Ambil 3 sdm susu dari panci masukkan ke dalam wadah berisi kuning telur dan aduk menggunakan garpu. 

2. Panaskan susu dalam panci dengan api medium hingga mulai menghangat sambil diaduk sesekali. Terlihat ada sedikit asap dari permukaan susu. Kecilkan api. Tuang kocokan telur ke dalam panci sambil diaduk hingga rata. Jangan menuangkan secara sekaligus.

3. Didalam gelas, larutkan maizena dengan air sesedikit mungkin. Masukkan vanilla extract dan aduk rata. Tuang kedalam panci dan aduk perlahan. 

4. Masak vla sambil sering diaduk hingga meletup-letup. Matikan api. Aduk terus hingga uap panasnya hilang. 

5. Masukkan krim kental, aduk rata. Dan masukkan butter, aduk hingga butter meleleh dan bersatu dengan vla. 

6. Ketika vla sudah dalam suhu ruang, masukkan ke dalam plastik segitiga. Gunting ujung plastik dan isikan ke dalam sus. Bisa menggunakan spuit bisa juga tidak. Tergantung kreasi masing-masing.

Tips:

  • Vla akan membentuk kulit di permukaannya bila dalam keadaan panas tidak terus diaduk hingga suhunya turun menjadi suhu ruang. Biasanya saya rendam panci berisi vla di dalam air di sink agar suhunya cepat turun sambil diaduk-aduk. 
  • Jangan memasukkan vla yg masi hangat ke dalam kontainer dan ditutup rapat. Nanti akan terbentuk titik-titik air di permukaan dalam tutupnya dan menetes ke vla. Masukkan vla ke dalam kulkas bila vla sudah dalam suhu ruang.
  • Bila hasil vla ada gumpalan-gumpalan kecil, bisa disaring. Tapi bagi saya, karena untuk mengisi sus, biasanya saya biarkan saja. 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *