Home / Bread / Biscuits
6 August, 2016

Biscuits

Posted in : Bread, breakfast, Cake on by : crazyeating. Tags: , , ,

Awal- awal tinggal di Singapura, salah satu outlet fast food yang sering saya kunjungi adalah Popeyes. Menunya ayamnya tidak ada nasi, diganti dengan biscuit. Biscuit inilah yang membuat saya datang terus ke Popeyes. Bahkan sering bungkus biscuitnya saja untuk dibawa pulang. Dalam keadaan dingin pun masih enak dimakan, apalagi dinikmati ketika hangat. Mmmmmmm….. permukaannya yang sedikit keras tapi dalamnya memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang buttery dan sedikit manis dari olesan madu diatasnya, membuat saya ingin makan biscuitnya terus.

Karena dulu lokasi Popeyes yang lumayan jauh dari rumah, maka untuk kesana memang perlu waktu khusus di weekend. Kalau pulang kerja mampir kesana, bisa-bisa sampai dirumah lebih malam karena tidak searah jalan pulang. Dan bila tengah malam jadi terbayang-bayang biscuit ini, naaahhhhh….. 

 

biscuit1a

Mulailah saya coba mencari-cari resep di internet. Banyak yang sudah di bookmark untuk segera dicoba, tapi tidak terlaksana saja. Itu sekitar 8 tahun yang lalu, dan resep yang dibookmark di handphone udah hilang. Hahhahaa.. dan akhirnya baru terlaksana sekarang, tahun 2016.

biscuit5

biscuit9

biscuit8

Setelah memilih resep yang ingin dicoba, saya pun bertekad akan melaksanakan keesokan paginya. Sebelum tidur, bahan kering saya ukur dan masukkan ke plastik ziplock sambil saya tulis sisa bahan yang harus diperlukan serta cara membuatnya di sticky note lalu tempel di plastik ziplock, supaya besok pagi bisa langsung dieksekusi resepnya. Di dalam sumber resepnya ditulis kalau hanya perlu 20 menit untuk mempersiapkan biscuit ini.

biscuit10

biscuit2

Memang ternyata tidak sulit, hanya saja untuk saya yang baru pertama kali buat, total waktu yang dibutuhkan menjadi 30 menit dengan bahan yang telah diukur sebelumnya. Tips dari penulis blog dimana adonan yang sudah di gilas lalu dilipat menjadi 2, sangat membantu membuat biscuit ini terlihat lebih merekah dan mudah dibelah untuk diisi tengahnya.

biscuit1

Untung saja biscuit yang baru jadi cepat mendingin dan bisa langsung dinikmati ketika masih hangat dengan olesan sesuai kesukaan masing- masing. Ada yang pakai selai kaya, selai buah, nutella, tapi favorit saya hanya dikasi olesan madu saja. Hmmmm…. soft buttery biscuit.. 

Biscuits
Untuk 12 buah
 
Bahan:
 
2 1/4 cup tepung serbaguna
1 sdm baking powder
1 sdm gula kastor
1 sdt garam
1/3 cup unsalted butter
1 cup susu
Extra tepung serbaguna untuk taburan (sekitar 7 sdm)
 

Cara membuat:

  1. Panaskan oven di suhu 225 derajat celcius. Dan siapkan loyang yang sudah dialasi kertas anti lengket.

  2. Didalam wadah yang besar, masukkan 2 1/4 cup tepung terigu bersama baking powder, gula dan garam. Aduk hingga rata.

  3. Potong kecil butter dan masukkan ke dalam tepung, tekan-tekan sambil diaduk memakai garpu atau pastry cutter. Hasilnya akan seperti crumb kasar.

  4. Masukkan 1/2 cup susu terlebih dahulu dan aduk memakai sendok kayu atau spatula hingga menyatu. Lalu masukkan sisa susu dan aduk lagi hingga rata. Pada tahap ini adonan akan basah dan lengket.

  5. Masukkan ekstra tepung secara bertahap, per satu sendok makan (sekitar 5 sdm), dan uleni secara pelan. Adonan akan menjadi tidak lengket dan siap dipindahkan ke atas meja dapur yang sudah ditaburi tepung untuk di gilas.

  6. Taburkan sisa terigu sedikit ke atas meja dan pindahkan adonan. Beri tepung pada gilasan dan gilas adonan hingga memiliki ketebalan 1 cm. Lipat 2 dan bentuk menggunakan cookie cutter (diameter 6.5 cm) yg sudah dicelupkan ke dalam tepung agar tidak lengket dan taruh adonan biscuit di loyang. Ulang hingga adonan terpakai semua dengan terus menaburkan tepung diatas counter setiap menggilas agar tidak lengket.

  7. Panggang selama 15 menit. Angkat dan beri olesan butter atau madu di atas permukaan biscuit.

Tips:

  • Bila memakai self raising flour, kurangi baking powder menjadi 1 sdt.
  • Bila memakai salted butter atau margarine, kurangi garam menjadi 1/2 sdt.

 

Selamat mencoba!!! 

 

Untuk: 12 buah
Kalori per buah: 220 kcal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *