Home / Cake / Chocolate Angel Cake
30 July, 2016

Chocolate Angel Cake

Posted in : Cake, coklat, dessert on by : crazyeating.

Setelah beres bikin kue kering untuk lebaran lalu, yang tersisa adalah stok putih telor yang numpuk di kulkas yang selalu memanggil minta dibikin sesuatu setiap buka kulkas. Sempat terpikir untuk bikin kue semprit putih telor resep Mba Diah Didi, tapi stok putihnya hanya terpakai sedikit. Pengen bikin roll cake putih telor tapi ada rasa malas bikin fillingnya.

Tiba tiba teringat chocolate angel cake dari joy of baking yang menurut saya rasanya mengingatkan akan snack masa kecil, chiki balls rasa coklat 😆😆. Pemakaian putih telur di resepnya lumayan banyak. 1 resep pakai 360 ml putih telor dimana dari ukuran telor yang saya pakai itu sekitar 10 telor. Pas banget! Memang ada stok sekitar 2 cups. Dan cara pembuatannya tidak terlalu sulit, apalagi kalau punya stand mixer.

choco angel cake 1

Tapi saya salah perhitungan nih, ternyata 1 resep itu untuk 2 loyang tulban ukuran yang saya pakai karena saya punya loyangnya yang diameter 20 cm. Sisa adonan pun saya masukkan ke loyang muffin. Next time, saya pakai 1/2 resep saja untuk 1 loyang (Padahal sudah ada catatan di buku resep kalau 1 loyang = 1/2 resep).

Hasil akhirnya, permukaan kue sedikit hitam karena dipanggang selama 40 menit dengan suhu 180 derajat celcius. Lain kali, saya coba panggang selama 35-38 menit saja. Terakhir kali bikin kue ini sudah lama sekali sampai lupa berapa menit yang pas dengan oven sendiri. 

choco angel cake

Permukaan yang hitam bisa dipercantik dengan taburan gula halus.

choco angel cake 2

 

Tips dari saya, jangan kurangi takaran gula pasir ataupun menggantinya dengan gula pengganti (sweetener buatan), karena rasa manisnya sudah pas. Pernah coba dikurangi tapi rasanya jadi ada yang kurang.

Selamat mencoba!!

 

Chocolate Angel Cake
Sumber: Joy of Baking
Untuk 2 loyang diameter 20 cm
 
Bahan:
 
100 gr tepung protein rendah (cake flour)
25 gr cokelat bubuk
300 gr gula pasir (caster sugar), bagi 2 bagian
1/4 sdt garam
360 ml putih telor, suhu ruang
1 sdt cream of tartar
2 sdt vanilla essence/ekstrak 

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven disuhu 180 derajat celcius.

  2. Didalam wadah terpisah ayak tepung terigu, coklat bubuk, 1 bagian gula, dan garam.

  3. Di dalam wadah stand mixer, masukkan putih telor dan kocok dengan kecepatan tinggi hingga berbusa. Masukkan cream of tartar dan kocok hingga soft peak.

  4. Sambil dikocok, masukkan sisa bagian gula ke dalam adonan putih telor sedikit demi sedikit (setiap 1 sendok makan) hingga habis. Diikuti dengan vanilla essence.

  5. Ketika adonan sudah menjadi kaku/hard peak, pindahkan wadah dari mixer dan mulai masukan ayakan tepung dalam 4 tahap sambil diaduk balik. ketika mengaduk harus pelan tidak terlalu kuat agar gelembung udara dalam adonan tidak banyak hilang.

  6. Masukkan ke dalam 2 loyang tulban diameter 20 cm dan panggang selama 35 hingga 48 menit tergantung oven masing-masing.

  7. Kue sudah matang bila ditusuk, tusukan kayu keluar bersih.

  8. Keluarkan kue dari oven dan balikkan loyang. Tunggu hingga dingin dalam posisi terbalik. 

  9. Taburkan gula halus di permukaan kue, bisa ditambahkan buah seperti raspberry atau strawberry segar.

Enjoy!!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *